BALITA SEHAT

Refino
BALITA SEHAT


Apakah balita anda termasuk sehat?
Balita ceria, lincah, aktif dan lucu apakah itu jamin sehat?
Mengenali tanda anak sehat dan pandai orang tua harus meperhatikan perkembangannya jangan diremehkan, karena memang dengan mengetahui akan ciri ciri anak sehat akan bisa membuat pertumbuhan sang anak itu sendiri akan lebih baik dan orang tua bisa mengarahkan ke hal-hal yang bermanfaat baik bagi kesehatan maupun terhadap kesuksesan didunia pendidikannya kelak.
Ciri anak sehat itu bisa dilihat dari penampilan fisik maupun mentalitas sang anak, tentunya diukur dalam ukuran anak, berbeda dengan ukuran untuk orang dewasa pada umumnya. Dengan mengetahui tingkat kecerdasannya maka kita bisa juga menggunakan hal ini dalam menggali dan meningkatkan potensi anak kita.
Anak sehat dan cerdas tentu saja tidak terlepas dari peran orang tua didalam memberikan asupan gizi nutrisi yang baik dan cukup serta menyehatkan, sejak di masa kehamilan, maupun ketika sang anak sedang masa keemasan di fase pertumbuhan yang dapat menunjang kecerdasan otak sang anak.
Anak sehat dan kecerdasan anak tergantung umur:
1. Anak sahat bisa dilihat dari Lincah, aktif, ceria dan berceloteh jadi patut diwaspadai jika anak tiba tiba lesu, mungkin sedang kurang enak badan.
2. Bahagia, riang dan responsif ketika diajak bicara biasanya anak cepat merespon, bisa dilihat dari matanya atau ikut berceloteh, jadi sebaiknya kita sering melakukan stimulasi anak dengan mengajak anak berbicara setiap ada kesempatan, saat makan, bermain atau sedang berjalan-jalan/bepergian dan biasakan kontak mata saat mengajak berkomunikasi.
3. Rambut mudah kusam, rontok, warna rambut agak kemerahan dan gerakan lamban (lemas, kurang kuat) waspadai kemungkinan ini kekurangan Zink, Zat besi dan Natrium Klorida (NaCl), garam mengandung Natrium baik untuk perkembangan keseimbangan dalam tubuh, baik untuk syaraf dan otot menambah kecerdasan, Yodium mencegah sekaligus mengobati penyakit gondok/thyroid, horman yang mengatur semua keseimbangan metabolisme tubuh, dan Klorida berpengaruh untuk menjaga rambut dan kulit. Namun pemberian NaCl jangan berlebihan.
4. Gusi merah mudah, dan mudah berdarah ini menandakan kekurang vit c.
5. Saat berumur 2 bulan, sangat berkaaitan dengan emosi dan sikap sosial, anak mulai senyum kepada orang lain, sudah bisa menenangkan dirinya sendiri dengan mengisap ibu jari/mengigiti kuku, melihat orang tua ketika orang tuanya berada didekatnya
6. Saat 3 bulan sudah mulai mengangkat kepalanya dan dpat menahan tubuhnya saat tengkurap, menggerak gerakkan tangan dan kaki dengan tenang
7. Saat 4 bulan, emosi dan sikap sosialnya lebih sering tersenyum, terutama kepada orngan lain, mulai menirukan/memperhatikan gerak dan ekspresi orang lain.

Artikel Menarik :
- Manfaat buah & sayuran bagi kecantikan
- Mual / Muntah karena Hamil muda
- TOMAT AMPUH MENGATASI RESIKO STROKE

Comments are closed.