Jeruk Manis & kulit Jeruk mencegah kanker !

Jeruk Manis

Jeruk manis buah ini sangat populer terutama disaat tahun baru Imlik, buah jeruk akan diburu orang, rasanya kurang afdol bila Imlik tidak ada jeruk manis, dodol, kue keranjang, dan ikan Bandeng.

Buah jeruk memiliki warna dan aroma yang khas membuat air liur mengucur saat kita menciumnya karena bayangan rasa asam dan kesegaran aromanya dapat merangsang kelenjar air liur kita.
Jeruk banyak mengandung vitamin C, selain merangsang system kekebalan tubuh, ia juga menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut. Buah ini juga berguna untuk membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit pada tubuh akibat influenza.

Jeruk manis juga mengandung betakaroten dan bioflavonoid yang dapat memperkuat dinding pembulu darah kapiler. Zat pectin yang terkandung didalam daging dan kulit jeruk bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Jeruk juga berlimpah kendungan flavanoidnya, seperti flavanpis yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas yang menjadi penyebab Kanker.

Flavanoid serta kandungan vitamin C pada jeruk juga berfungsi menghambat reaksi oksidasi LDL yang menyebabkandarah mengental dan mencegah pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah. Jeruk juga kaya akan kandungan gula buah yang dapat memulihkan energy secara cepat, serta kaya akan serat (dietary fiber) yang dapat mengikat zat penyebab kanker didalam saluran pencernaan. Bermanfaat untuk mengobati sembelit, wasir dan kanker usus.

Di dalam 100g jeruk manis terkandung:
Energy 51 kkal,
Protein 0,9 g,
Lemak tak jenuh 0,2 g,
Karbohirat11,4 g,
Kalsium 33 mg,
Fosfor 23 mg,
Besi 0,4 mg,
Retinol 57 mcg, dan
asam askorbat 49 mg.

Artikel Menarik :
- Manfaat buah & sayuran bagi kecantikan
- TOMAT AMPUH MENGATASI RESIKO STROKE
- Mual / Muntah karena Hamil muda

Comments are closed.