“Kenali Tanda-tanda Kanker Payudara”

“Kenali Tanda-tanda Kanker Payudara”
Mengetahui lebih awal akan mempermudah pengobatannya.
Belum tentu setiap benjolan di payudara adalah Kanker (baca artikel sebelumnya tentang Fibrokista), pada kenyataannya, sebagian besar hanya tumor jinak, atau bahkan mungkin hanya kista atau fibrosa yang disebabkan oleh hormon, usia atau faktor lainnya. Tumor yang tidak bersifat kanker kadang-kadang harus dibuang, namun dari ukuran atau posisi di payudara kita harus memastikan benjolan tersebut.
Jenis-jenis masalah payudara non-kanker termasuk kista, benjolan dan penebalan, nyeri payudara, keluar cairan dari puting, dan infeksi payudara.

Gejala Kanker Payudara
Indikasi di bawah ini tidak berarti bahwa Anda memiliki kanker payudara, tetapi bila anda merasakan salah satu dari indikasi ini sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Anda merasakan benjolan di payudara Anda
Penebalan, dimpling atau pitting / lekukan (retraksi) dari kulit payudara
Nipple discharge yang bening, kuning atau berdarah
Tampilan asimetris payudara
Payudara mengalami kemerahan dan nyeri
Perubahan penampilan payudara dan / atau pada puting

Jika Anda masih mengalami menstruasi (siklus menstruasi) dan Anda memiliki benjolan yang datang dan pergi bersamaan siklus Anda berarti normal, namun bila benjolan itu masih ada (tidak hilang) setelah satu siklus, sebaiknya anda periksakan kedokter.

TINDAKAN:
Pertama, dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap kedua payudara. Hasil ujian ini dapat meyakinkan dokter bahwa masalahnya perlu atau tidak pengujian lebih lanjut, bila diperlukan mungkin akan dilakukan tes diagnostik seperti mamografi, USG, studi aspirasi jarum (sitologi) atau lebih serius biopsi (histologi).

Jika biopsi diperlukan, ada berbagai cara biopsi aspirasi jarum halus, sterotactic biopsi, USG-dipandu biopsi, atau biopsi eksisi di ruang operasi di bawah anestesi lokal dengan atau tanpa sedasi, atau anestesi umum biasanya pasien cukup rawat jalan.
Namun sebelum di Biopsi ada baiknya mencoba suatu terapi yang sangat canggih dan telah teruji dengan menggunakan Stem Cell Terapi (www.stemcellterapi.com)

Diagnosis dan Deteksi Dini

Ada beberapa wanita mungkin harus lebih intensif untuk memperhatikan kanker payudara, dari pada yang lain ini berkaitan dengan faktor keturunan, faktor hormonal, usia dan faktor risiko lainnya – tetapi penting bahwa semua wanita tahu bagaimana untuk memeriksa kanker payudara, semakin awal mengetahui kelainan payudara semakin mudah melakukan antisipasi.

Jika kanker payudara terdeteksi pada tahap awal, seorang wanita memiliki lebih banyak pilihan pengobatan dan kesempatan memilih berbagai terapi. Perempuan harus proaktif tentang skrining kanker payudara, menetapkan jadwal pemeriksaan payudara sendiri, pemeriksaan dokter, dan mamografi yang sesuai dengan tingkat risiko. Mereka juga harus memperhatikan tanda-tanda atau gejala penyakit, membawa perubahan signifikan payudara menjadi perhatian dokter mereka.
Memeriksa Payudara Sendiri :

Pemeriksaan rutin payudara Anda adalah langkah besar terhadap deteksi dini. Itu sebabnya semua wanita di atas usia 20 tahun harus memeriksa sendiri payudara mereka setiap bulan.

Anda dapat mempelajari prosedur ini dari dokter, perawat atau klinik. Anda harus melakukan ujian ini 10 hari setelah awal siklus menstruasi Anda. Anda harus melakukan pemeriksaan manual menyeluruh.

Ada 3 metode memeriksa payudara sendiri (dapat juga meminta bantuan suami) :
1. Periksa secara Visual:
Perubahan Tektur kulit (kulit berkerut), Putingnya tertarik kedalam, atau dari putting keluar cairan.
Periksa payudara
2. Berdiri di depan cermin atau di kamar mandi:
Dengan lengan kanan diangkat di belakang kepala dan menggunakan tangan kiri Anda,
Raba payudara berputar secara perlahan searah jarum jam, dari bagian luar ke dalam, arah ke putting dan berbalik.
Raba naik dan turun (wedge mode). Ulangi untuk sisi lain. Anda mencari benjolan atau jaringan menebal yang terasa
berbeda dari terakhir kali Anda memeriksa, dan lakukan juga payudara yang satunya.
Periksa payudara 2
3. Berbaring:
Dengan lengan kanan diangkat di belakang kepala dan menggunakan tangan kiri Anda, lakukan hal yang sama
seperti saat berdiri.
Selanjutnya, perhatikan dengan teliti untuk perubahan yang terlihat. Remas lembut puting Anda untuk memeriksa debit. jika Anda mendeteksi perubahan atau benjolan di payudara Anda. Sebuah benjolan mungkin hanya kista jinak, tapi dokter harus membuat penentuan itu.

Periksa payudara 3

(Yanti W)

Recomendasi suplement yang dapat membunuh sel KANKER:
InfinyCal™
Aman tanpa efek sampingan lebih baik mencegah dari pada mengobati !

Artikel Menarik :
- Mual / Muntah karena Hamil muda
- TOMAT AMPUH MENGATASI RESIKO STROKE
- Manfaat buah & sayuran bagi kecantikan

Comments are closed.