Mual / Muntah karena Hamil muda

Mual / Muntah karena Hamil muda
mual1

Sebagian besar bahkan lebih dari 80% pasangan pengantin mudah mengharapkan kehadiran anggota keluarga baru, mungil nan lucu, namun proses kehadirannya di 1-3 bulan pertama bagi sebagian besar calon ibu ini merasa begitu tersiksa, ditambah karena kurang mengertinya mengapa semua ini terjadi maka tamu kecil tak berdosa dan yang masih sangat lemah dalam kandungan sang calon ibu ini jadi kambing hitam, seolah-olah dialah biang kerok penderitaan ini ( muntah-muntah dan tidak nafsu makan, sehingga beberapa diantaranya sampai terkena sakit maag )
Muntah-muntah saat dikehamilan 1-3 bulan itu adalah alamiah, Terjadinya kehamilan seiring dengan meningkatnya Hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin).. Tak heran kalau HCG disebut sebagai hormon utama yang berperan pada kehamilan, peningkatan hormon HCG dapat dideteksi dengan menggunakan tes pack (test kehamilan). 
Hormon ini diproduksi setelah terjadi pembuahan serta adanya jaringan plasenta yang terbentuk di awal pertumbuhan janin. Kadar HCG akan meningkat pada usia 10-12 minggu pertama kehamilan, selanjutnya menurun dan akan stabil hingga menjelang proses persalinan. Hormon ini terdapat dalam darah dan urine ibu hamil.

Fungsi
Hormon HCG berfungsi menjaga atau mempertahankan kehamilan seperti penguat, terutama pada usia kehamilan muda. Dengan begitu, janin dapat menempel pada rahim bumil.

Efek
Kadar HCG yang tinggi pada trimester pertama umumnya menimbulkan rasa mual. Jadi, jangan heran kalau di rentang 1-3 bulan usia kehamilan, bumil mengalami morning sickness.

Karena hormon ini meningkat juga di peredaran darah daerah panggul, bumil jadi merasakan selalu ingin berkemih. Semua alami setiap orang tidak sama produksi hormon HCG, namun "Jika mual dan muntah ini dialami sepanjang hari dan sering, maka kondisi ini akan menjadi lebih serius. Ibu hamil dikhawatirkan mengalami hiperemesis gravidarum,"  dan "Jangan Biarkan Rasa Mual Menghalangi Asupan Nutrisi sehingga Kehamilan menjadi tidak Sehat"
Hiperemesis gravidarum (HG) merupakan suatu kondisi kehamilan ketika mual dan muntah yang dialami sangat tak wajar atau berlebihan. Sering kali, apa pun yang dikonsumsi ibu hamil akan dimuntahkan kembali sehingga tak mampu menerima makanan apa pun ke dalam tubuhnya, kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit
Bila kondisi ini terus dialami sepanjang kehamilan, silahkan hubungi dokter, bahkan sebaiknya anda dirawat secara intensif di Rumah Sakit.

ARTIKEL MENARIK:

– Manfaat Buah/Sayur bagi kecantikan

– Kanker
– Kista Payudara

Artikel Menarik :
- Manfaat buah & sayuran bagi kecantikan
- TOMAT AMPUH MENGATASI RESIKO STROKE
- BATUK DAN MADU

Comments are closed.