“NORMAL PRESSURE HYDROCEPHALUS”

Parkinson Parkinson
NORMAL PRESSURE HYDROCEPHALUS
Kelebihan cairan dalam otak & menekan Otak.
Banyak orang beranggapan bahwa karena usia, orang jadi pelupa, mengalami gangguan bicara. Kesulitan berjalan hingga mengompol, dianggap hal yang biasa atau normal. Namun anggapan tersebut tidak semuanya benar.
Normal Pressure Hydrocephalus (NPH) adalah kelainan otak yang sering diderita oleh orang yang lanjut usia, merupakan satu dari sedikit penyebab demensia yang dapat diobati, dan seringkali reversibel, gejala NPH dapat menyerupai penyakit Alzheimer dan proses ketuaan lain, sehingga seringkali kelainan ini tidak didiagnosa dengan baik, Karena tingkat keberhasilan terapi akan menurun bila dibiarkan, penting bagi para lansia memeriksakan dirinya ke dokter bila mengalami gejala-gejala NPH seperti gangguan berjalan, menjadi pelupa, gerakkan tangan atau kaki tidak terkontrol dan ngompol.
Pada NPH terjadi karena kelebihan cairan didalam sistem otak (ventricle) yang mengakibatkan penekanan pada otak dan akhirnya menimbulkan gejala yang nyata. Hampir 90% penderita NPH mengalami perubahan cara berjalan, seringkali merupakan gejala pertama kali yang muncul. Gangguan ini menyebabkan memiliki resiko mudah jatuh dan mengalami cedera kepala. Langkahnya pendek-pendek, dengan kaki yang melebar dan bergoyang ini memang mirip dengan gejala Parkinson atau Alzheimer bahkan kelainan lain seperti lumbal steriosis dan arthritis.
Sekitar 50% penderita mengeluh gangguan berkemih yang makin berat dimulai dari anyang anyangan hingga akhirnya tidak lagi mampu menahan kemi/ngompol. Gejala lainnya juga ditemukan pada usia lanjut. Gangguan kognisi pada penderita NPH lebih berupa gangguan fungsi untuk memecahkan masalah, perlambatan kemampuan berpikir, tidak mempengaruhi kemampuan visual-spatialnya, Keadaan yang lebih ringan dibandingkan Alzhimer.
Karena seringkali tidak semua gejala dapat ditemukan dalam waktu bersamaan maka diperlukan pemeriksaan tambahan untuk membedakan NPH dengan kelainan lainnya.
Pemerikasaan MRI dan CT scan kepala akan menunjukan pelebaran ventricle yang seringkali disertai penyusutan volume otak.

Harapan Terang bagi penderita NPH
Pasien dengan gejala NPH harus diterapi pembedahan yang bertujuan untuk mengalirkan cairan otak ke kompartemen lain ditubuh. Tindakan pembedahan tersebut dikenal dengan “shunt” pada tindakan pembedahan shunt, cairan dalam otak akan dialiran melalui slang yang berjalan dibawah kulit menuju kompatemen lainnya. Sekitar 70-90% penderita akan mengalami perbaikan setelah pembedahan, walaupun bukan tanpa resiko, jelas tindakan pembedahan bagi penderita NPH merupakan harapan terang bagi perbaikan klinis agar terlepas dari ketergantungan pada anggota keluarga lainnya. dr.Wienorman Gunawan, Sp.Bs.

Penyakit Degeneratif yang dapat ditolong dan diobati dengan Stemcell.
Penyakit Degeneratif itu Apa?
dr.Wienorman Gunawan, Sp.Bs.
Untuk Pencegahan / Pengobatan gunakan:
INFINYCAL karena
INFINYCAL menjaga PH darah sehingga meminimalkan kerusakan lebih lanjut, menyehatkan darah sehingga supplay nutri dan oksigen keotak lancar
INFINYCAL mencukup jumlah ndarah & menyehatkan darah sehingga supplay nutrisi dan oksigen ke otak lancar.

Artikel Menarik :
- TOMAT AMPUH MENGATASI RESIKO STROKE
- Manfaat buah & sayuran bagi kecantikan
- Mual / Muntah karena Hamil muda

Comments are closed.