PERCUTANEOUS TRANSLUMINAL CORONARY ANGIOPLASTY

PERCUTANEOUS TRANSLUMINAL CORONARY ANGIOPLASTY (PTCA) Solusi Penyumbatan pembuluh Darah Koroner.

Persiapan apa yang dibutuhkan untuk PTCA.
1) Dianjurkan rawat inap 1-2 hari sebelum dilakukan PTCA dan membawa hasil pemeriksaan antara lain:
a) Elektrokardiografi (EKG)
b) Hasil pemeriksaan Laboratorium
c) Foto Dada (Rontgen dada)
d) Ekokardiografi
e) Uji Latihan Beban (Treadmill)
f) Hasil Kateterisasi Jantung (bila ada)
2) Puasa selama 8 jam, namun minum obat seperti biasa.
3) Cukur daerah lipatan paha dan sekitarnya
Pelaksanaan PTCA.
Hampir sama dengan kateterisasi jantung, tindakan dilakukan di lab.Kateterisasi jantung (Cath Lab). Pasien akan dibius lokal pada tempat memasukkan kateter (Lipatan paha atau lengan atas), dituntun dengan layar monitor kateter pemandu (Guiding Chateter) dimasukkan sampai ke lubang pangkal arteri koroner Balon akan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang di harapkan dapat membuka pembuluh darah yang menyempit dengan cara meratakan “Plak aterosklerotik” ke diding pembulu darah tersebut.
Paska PTCA.
Penderita dirawat di ruang Intesif dan di monitro tekanan darah, denyut nadi dan diharuskan istirahat total minimal 24 jam, bila semua berjalan baik tanpa komplikasi, maka penderita dalam 1-2 hari kemudian boleh pulang.
Evaluasi Paska PTCA.
Penderita yang telah menjalani PTCA dapat mengalami penyempitan kembali (restenosis) yang dapat terjadi pada enam bulan pertama (sekitar 25-30%) sebab itu dianjurkan untuk mengatur pola hidup serta taat untuk minum obat-obatan. Bila dengan cara ini masih belum berhasil maka dianjurkan untuk dilakukan PTCA ulang dengan hasil yang lebih baik.

RS MITRA KELUARGA SURABAYA

Leave a Reply