“RETINOBLASTOMA” (Kanker Mata)

“RETINOBLASTOMA”
(Kanker Mata)

Kanker

Kanker mata


“Retinoblastoma adalah kanker mata yang dimulai di retina – lapisan sensitif di bagian dalam mata Anda. Retinoblastoma paling sering menyerang anak-anak, tapi jarang dapat terjadi pada orang dewasa. Sebuah bentuk yang jarang dari kanker mata, retinoblastoma adalah bentuk paling umum dari kanker yang mempengaruhi anak-anak, tapi jarang dapat terjadi pada orang dewasa:” ujar dr Hendrian D. Soebagjo.SpM(K), kepala divisi Orbita Onkologi RSUD dr. Soetomo.: “Retinoblastoma bisa mengenai salah satu atau kedua mata.”
Menurut data pada tahun 2015 di RSUD dr Soetomo ada 26 kasus Retinoblastoma yang dialami anak.
Kasus Retinoblastoma 90 % terdiagnosis pada anak usia dibawah 5 tahun, bahkan terjadi pada anak usia kurang dari 2 tahun. “Penyakit Retinoblastoma muncul dari sel embrionik retina multipoten”
Orang tua harus curiga bila ada keganjilan pada mata anak, misalnya mata bersinar seperti mata kucing, Juling, mata merah berulang dan penglihatan mata menurun juga bisa menjadi gejala bahwa anak terkena Retinoblastoma. Kanker ini tergolong jenis oslid, artinya berbentuk padat.
Pada mereka yang sudah parah, biasanya ditandai penonjolan bola mata. Dan pertumbuhan benjolan tersebut bisa sangat cepat. “ jika ditemukan pada setadium awal angka harapan hidup masih tinggi,” kata spesialis mata tersebut.
Menurut pakar kanker anak RSUD dr Soetomo Prof dr Bambang Permono SpA(K), kanker pada anak berbeda dengan penyakit ganas pada orang dewasa. “ ada yang beranggapan bahwa kanker hanya milik orang dewasa,” ucapnya.
Dalam pengobatan yang terpenting adalah usia tumbuh kembang kembang anak. Perlu diperhatikan bahwa dalam masa pertumbuhan tersebut, fungsi organ tubuh belum matang. Ada empat jenis pengobatan yang bisa dilakukan, yakni:
1. Kemoterapi
2. Radioterapi
3. Pembedahan

4. Kombinasi ketiga cara pengobatan diatas.
Untuk pasien pada anak, bukan hanya pasien yang harus siap, Keluarganya juga harus siap mental dan dana,” tutur Prof dr Bambang Permono. Jadi ada baiknya sebelum menjalani terapi diatas gunakan Infinycal , Infinycal ini bagaikan kemo alami sistem alkali yang tinggi dan memberikan nutrisi bagi sumsum tulang, sehari cukup 1 kapsul dicampurkan air 600 ml diminumkan 50-100ml tergantung usia anak.

Artikel Menarik :
- Manfaat buah & sayuran bagi kecantikan
- Mual / Muntah karena Hamil muda
- TOMAT AMPUH MENGATASI RESIKO STROKE

Leave a Reply