WASPADALAH DENGAN FATTY LIVER

Fatty Liver Fatty Liver
WASPADALAH DENGAN FATTY LIVER (Lemak Hati)
By dr. David Reinhart, Sp.PD
Hepatitis selain karena virus, Hepatitis juga dapat disebabkan karena perlemakan hati. Pervalensi perlemakan hati di Indonesia sekitar 30% , jadi apa yang dimaksud dengan perlemakan hati ?
Perlemakan hati sering juga disebut dengan FATTY LIVER merupakan peningkatan kadar lemak pada hati lebih dari 5% berat hati. Sama seperti hepatitis karena virus, Fatty Liver dapat terjadi tanpa gejala awal. Namun demikian, beberapa penderita dapat merasakan kelelahan, dan perasaan tidak nyaman pada perut bagian kanan atas.
Dahulu alkohol ditengarai menjadi penyabab utama dari Fatty Liver, namun seiring dengan perkembangan waktu dan kemajuan teknologi, ditemukan bahwa gaya hidup menjadi faktor pendorong terbesar terjadinya perlemakan hati, karena kasus ini biasa ditemukan pada orang dengan masalah obesitas, hipertensi atau orang dengan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi, selain itu penyakit seperti Diabetes Melitus, masalah metabolik juga menjadi faktor risiko fatty liver.
Jika tidak ditangani dengan baik, fatty lever dapat berlanjut pada peradangan yang berujung sirosis (pengerasan hati) selanjutnya dapat berkembang menjadi kanker hati.
Mengingat fatty liver dapat terjadi tanpa gejala dan faktor gaya hidup merupakan pendorong terbesar, maka masyarakat perlu melakukan deteksi dini. Deteksi dini dapat dilakukan dengan pemeriksaan darah rutin untuk melihat apakah terjadi peningkatan kadar fungsi hati. Analisis lebih lanjut dapat dapat dilakukan melalui USG untuk mendapatkan gambaran hati yang lebih jelas. Tindakan ini dapat mendeteksi lemak pada hati yang lebih jelas, namun tidak dapat mengkonfirmasikan kerusakan lebih lanjut. Jika diperlukan pasien akan disarankan untuk menjalani biopsi hati untuk mengetahui secara pasti apakah pasien mengalami fatty liver.
Pasien yang terdiagnosa fatty liver akan disarankan untuk merubah pola hidup, seperti menghidari konsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi, menurunkan berat badan, olah raga, mengontrol konsumsi makanan berkalori tinggi serta berhenti mengkonsumsi alkohol.

Ref: Obat/Suplement Liver
Kami juga menerima artikel kesehatan, penyakit atau tips kesehatan diutamakan yg Original bukan bajakan, saran atau kritik kirim ke halloinfoobat@gmail.com

Comments are closed.